Menyikapi Masalah Wanita Tentang Haid

Muslimah Cantik Indonesia

๐ŸŽ€Rambut Rontok Ketika Haid

Aโ€™isyah radhiyallahu โ€˜anha menceritakan pengalaman hajinya bersama Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam. Ketika itu, Aisyah melaksanakan haji Tamattuโ€™, dan beliau datang ke Mekah untuk umrah. Di tengah menjalankan manasiknya, beliau mengalami haid.

ููŽู‚ูŽุฏูู…ู’ุชู ู…ูŽูƒู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุญูŽุงุฆูุถูŒุŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ุฃูŽุทููู’ ุจูุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุชูุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽููŽุง ูˆูŽุงู„ู…ูŽุฑู’ูˆูŽุฉูุŒ ููŽุดูŽูƒูŽูˆู’ุชู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ยซุงู†ู’ู‚ูุถููŠ ุฑูŽุฃู’ุณูŽูƒู ูˆูŽุงู…ู’ุชูŽุดูุทููŠ ูˆูŽุฃูŽู‡ูู„ู‘ููŠ ุจูุงู„ุญูŽุฌู‘ูุŒ ูˆูŽุฏูŽุนููŠ ุงู„ุนูู…ู’ุฑูŽุฉูŽยป

โ€œKetika sampai Mekah, aku mengalami haid. Sementara aku belum tawaf di kaโ€™bah dan belum sai antara shafa dan marwah. Akupun mengadukan keadaanku kepada Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam. Kemudian beliau menyarankan, โ€˜Lepas gelungan rambutmu, bersisirlah, ikrarkan haji dan tinggalkan umrah.โ€ (HR. Bukhari 4395 dan Muslim 1211).

Dalam Fatwa Islam (no. 101285) dinyatakan,

ูุงู„ุงู…ุชุดุงุท ุบุงู„ุจุง ู…ุง ูŠุตุงุญุจู‡ ุชุณุงู‚ุท ุจุนุถ ุงู„ุดุนุฑ ุŒ ูˆู…ุน ุฐู„ูƒ ุฃุฐู† ุจู‡ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ู„ู…ุญุฑู… ูˆุงู„ุญุงุฆุถ

Menyisir rambut, umumnya disertai kerontokan sebagian rambut. Meskipun demikian, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam mengizinkan orang yang sedang ihram atau sedang haid untuk melakukannya.

Syikhul Islam pernah ditanya, apakah kuku atau rambut yang dipotong pada saat junub, akan dimintai pertanggung jawaban ketika hari kiamat?

Jawaban beliau,

ู‚ุฏ ุซุจุช ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู…ู† ุญุฏูŠุซ ุญุฐูŠูุฉ ูˆู…ู† ุญุฏูŠุซ ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ุฃู†ู‡ ู„ู…ุง ุฐูƒุฑ ู„ู‡ ุงู„ุฌู†ุจ ู‚ุงู„ ( ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ุฌูุณู ) ูˆููŠ ุตุญูŠุญ ุงู„ุญุงูƒู… ( ุญูŽูŠู‘ู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ู…ูŽูŠุชู‹ุง )

Terdapat hadis shahih dari Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam dari Hudzifah dan Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhuma, bahwa ketika beliau menyebut masalah junub, beliau mengatakan,

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ุฌูุณู

โ€œSesungguhnya mukmin tidak najis.โ€

Kemudian dalam Mustadrak Al-Hakim ada tambahan,

ุญูŽูŠู‘ู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ู…ูŽูŠุชู‹ุง

โ€œMukmin tidak najis, baik masih hidup maupun sudah meninggal.โ€

Setelah menyebutkan dalil di atas, Syaikhul Islam melanjutkan,

ูˆู…ุง ุฃุนู„ู… ุนู„ู‰ ูƒุฑุงู‡ูŠุฉ ุฅุฒุงู„ุฉ ุดุนุฑ ุงู„ุฌู†ุจ ูˆุธูุฑู‡ ุฏู„ูŠู„ุง ุดุฑุนูŠุง ุŒ ุจู„ ู‚ุฏ ู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ู„ุฐูŠ ุฃุณู„ู… : ุฃูŽู„ู’ู‚ู ุนูŽู†ูƒูŽ ุดูŽุนุฑูŽ ุงู„ูƒููุฑู ูˆูŽุงุฎุชูŽุชูู† ) ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ) ูุฃู…ุฑ ุงู„ุฐูŠ ุฃุณู„ู… ุฃู† ูŠุบุชุณู„ ุŒ ูˆู„ู… ูŠุฃู…ุฑู‡ ุจุชุฃุฎูŠุฑ ุงู„ุงุฎุชุชุงู† ูˆุฅุฒุงู„ุฉ ุงู„ุดุนุฑ ุนู† ุงู„ุงุบุชุณุงู„ ุŒ ูุฅุทู„ุงู‚ ูƒู„ุงู…ู‡ ูŠู‚ุชุถูŠ ุฌูˆุงุฒ ุงู„ุฃู…ุฑูŠู† ุŒ ูˆูƒุฐู„ูƒ ุชุคู…ุฑ ุงู„ุญุงุฆุถ ุจุงู„ุงู…ุชุดุงุท ููŠ ุบุณู„ู‡ุง ุŒ ู…ุน ุฃู† ุงู„ุงู…ุชุดุงุท ูŠุฐู‡ุจ ุจุจุนุถ ุงู„ุดุนุฑ

Saya tidak mengetahui adanya dalil syarโ€™i yang menyatakan makruh untuk memotong rambut atau kuku bagi orang junub. Bahkan sebaliknya terdapat, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam telah memerintahkan kepada orang yang hendak masuk islam,

โ€˜Buang rambut kekufuranmu (rambut ketika belum masuk islam) dan lakukanlah khitan.โ€™ (HR. Abu Daud). Beliau memerintahkan orang yang hendak masuk islam untuk mandi, namun beliau tidak menyuruhnya untuk khitan dan mencukur rambut setelah mandi. Sabda beliau yang bersifat umum ini menunjukkan bahwa keduanya boleh (mandi dulu atau khitan dulu). Demikian pula, wanita haid diperintahkan untuk menyisir rambut ketika mandi, padahal menyisir rambut menyebabkan sebagian rontok. (Majmuโ€™ Fatawa, 21/121).

Berdasarkan beberapa dalil dan keterangan di atas, tidak ada kewajiban bagi wanita haid atau orang junub untuk mengumpulkan rambutnya yang rontok. Demikian pula mereka dibolehkan untuk memotong kuku ketika haid atau junub, dan tidak harus ikut dimandikan.

Allahu aโ€™lam

Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina www.KonsultasiSyariah.com)

---------------------------------------

๐ŸšซAda persepsi yang salah dan menyebar di kalangan wanita, yaitu bahwa anggota badan manusia akan kembali kepada dia hari Kiamat kelak, dan jika pemiliknya menghilangkan anggota badan tersebut sedangkan dia dalam keadaan berhadats besar maka dia akan kembali ke pemiliknya pada hari kiamat dalam keadaan najis. Dan keyakinan ini tidak benar sama sekali.

===============================

โ‰Bolehkah Memotong Kuku dan Rambut Saat Haid?

Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid hafidzahullah

Pertanyaan:

Apakah berdosa jika seorang wanita memotong kuku dan rambutnya ketika haid lalu membuangnya? Apakah wajib mencuci kuku dan rambut sebelum dibuang? Wa jazaakumullahu khairan

Jawab:

Alhamdulillah,

Permasalahan ini sering kali muncul pada banyak wanita. Tentang hukum memotong rambut,kuku dan bagian lainnya di masa haid. Muncul keyakinan batil di kalangan mereka bahwasanya bagian tubuh manusia kelak akan dikumpulkan di hari kiamat. Tatkala seorang wanita membuang bagian tubuh dalam kondisi hadast besar seperti junub, haid, atau nifas, maka kelak di hari kiamat, tubuh tersebut akan kembali dalam keadaan najis karena belum pernah disucikan. Ini adalah ucapan keliru dan khayalan semata, sama sekali tidak benar.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah pernah ditanya tentang seorang laki-laki yang junub kemudian memotong kuku,kumis atau menyisir kepalanya, apakah bermasalah baginya? Sebagian mereka menyatakan keyakinan akan hal ini dengan berkata,

โ€œJika orang yang junub memotong rambut, kuku maka potongan-potongan tersebut akan dikembalikan kelak di akherat. Dia akan dibangkitkan dengan membawa bagian tubuh yang masih junub sebanyak potongan yang berkurang saat ia junub di dunia. Maka setiap rambut (yang hilang saat junub) memiliki bagian junub di akherat.โ€ Apakah keyakinan ini benar?

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah menjawab,

โ€œTerdapat hadits shahih dari Nabi shallalllahu โ€˜alaihi wa sallam, diriwayatkan oleh Hudzaifah dan dari Abu Hurairah radhiallahuโ€™anhuma, tatkala Beliau shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menjelaskan tentang seorang yang junub. Beliau mengatakan,

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ุฌูุณู

โ€œJasad seorang mukmin tidaklah najis.โ€

Dalam Shahih Al Hakim disebutkan,

ุญูŽูŠู‘ู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ู…ูŽูŠุชู‹ุง
โ€œBaik hidup ataupun saat mati.โ€

Saya tidak mengetahui dalil syarโ€™i yang memakruhkan potong rambut dan kuku saat junub. Bahkan sebaliknya Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda kepada orang yang baru masuk Islam,

ุฃูŽู„ู’ู‚ู ุนูŽู†ูƒูŽ ุดูŽุนุฑูŽ ุงู„ูƒููุฑู ูˆูŽุงุฎุชูŽุชูู†

โ€œBuanglah rambut kekafiran darimu dan berkhitanlah,โ€ (HR. Abu Dawud No. 356 dan di nilai hasan oleh Syaikh Al Albani dalam Irwaul Ghalil (1/120))

Kemudian setelah itu beliau memerintahkan orang tadi untuk mandi. Beliau tidak memerintahkan agar khitan dan memotong rambut ditunda setelah mandi.

Dari sabda beliau ini menunjukkan kedua hal tersebut boleh dilakukan. Mandi dulu atau potong rambut dulu.

Demikian juga wanita haid diperintahkann untuk menyisir rambut saat mandi sementara sisiran rambut itu bisa merontokkan rambut.โ€ (Majmuโ€™ Fatawa, 21/120-121)

Yang dimaksud Syaikhul Isalm dengan menyisir rambut bagi wanita haid adalah hadis โ€˜Aisyah radhiallahu โ€˜anha saat menunaikan haji Wadaโ€™, beliau mengalami haid. Maka Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda kepada Aisyah radhiallahuโ€™anha,

ุงู†ู’ู‚ูุถููŠ ุฑูŽุฃู’ุณูŽูƒู ูˆูŽุงู…ู’ุชูŽุดูุทููŠ ูˆูŽุฃูŽู‡ูู„ู‘ููŠ ุจูุงู„ู’ุญูŽุฌู‘ู ูˆูŽุฏูŽุนููŠ ุงู„ู’ุนูู…ู’ุฑูŽุฉ

โ€œUrailah kepangan rambutmu dan bersisirlah, mulailah untuk ibadah haji dan tinggalkan ibadah umrah.โ€ (HR. Bukhari No1556 dan Muslim No1211)

Umumnya,menyisir bisa merontokkan rambut wanita. Meski demikian Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam mengijinkan hal tersebut dilakukan oleh orang yang sedang ihram dan haid.

Para ulama syafโ€™iyyah mengatakan dalam Tuhfatul Muhtaj (4/56),

Dalil dari madzab ini menunjukkan wanita haid boleh melakukannya (yaitu potong kuku, mencukur bulu kemaluan dan mencabut bulu ketiak).

Dalam fatwa Nur ala Darb Ibn Utsaimin rahimahullah ditanya tentang masalah ini,

โ‰Pertanyaan: Aku mendengar wanita haid tidak diperbolehkan menyisir rambut, potong kuku dan mandi (janabah).

Apakah ini benar?

Beliau rahimahullahu taโ€™ala menjawab:

โŒTidak benar. Wanita haid diperbolehkan memotong kuku dan menyisir kepalanya dan diperbolehkan mandi janabah. Misalnya jika dia mimpi basah ketika haid maka diperbolehkan mandi janabah. Atau bercumbu dengan suami tanpa hubungan badan lalu keluar mani maka wanita tersebut diperbolehkan mandi janabah.

โŒUcapan yang tersebar dikalangan banyak wanita ini bahwasanya tidak diperbolehkan mandi janabah, menyisir rambut, memotong kuku adalah ucapan yang tidak memiliki dalil syariat, sepanjang pengetahuanku.
(Fatawa Az Zinah wal Marโ€™ah, Soal No.9)

Juga tidak ada satupun ulama pakar fikih yang mengatakan bahwa hukumnya adalah makruh. Larangan diatas hanya disebutkan di dalam kitab-kitab ahli bidโ€™ah dari kelompok-kelompok yang menyelisihi ahlussunnah seperti di dalam kitab Syarhul Nil wa Syifaaul โ€˜Aliil (1/347) oleh Muhammad bin Yusuf Al Ibadhi.

Allahu aโ€™lam.

โ€”

=================================

โŒWanita Haid Dilarang Keramas?

๐Ÿ‘คBy Ammi Nur Baits -
   

๐Ÿ‘ค๐Ÿ’ญBolehkah Keramas Ketika Haid?

Apakah benar kalo wanita haid itu dilarang keramas ?

Jawaban:

๐Ÿ‘ค๐Ÿ’ฌBismillah was shalatu was salamu โ€˜ala rasulillah, amma baโ€™du,

๐ŸšซKami tidak menjumpai satupun dalil yang melarang wanita haid mandi keramas. Sementara kita tahu bahwa mandi keramas termasuk kebutuhan manusia. Andai ini dilarang untuk dilakukan ketika haid, tentu Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam akan melarangnya.

๐ŸšซMungkin alasannya adalah, kramas bisa menyebabkan rambut rontok. Dan menurut mereka menyebabkan rambut rontok secara sengaja hukumnya terlarang. Padahal aturan semacam ini tidak memiliki landasan dalil. Sebagaimana keterangan yang pernah kita bahas di: Bolehkah Memotong Kuku dan Rambut Ketika Haid?

๐Ÿ‘ค๐Ÿ’ฌKemudian, di sana terdapat fatwa ulama yang menegaskan bahwa wanita haid dibolehkan melakukan kramas. Imam Ibnu Utsaimin pernah ditanya tentang hukum wanita haid melakukan kramas ketika haid. Jawaban beliau,

ุบุณู„ ุงู„ุญุงุฆุถ ุฑุฃุณู‡ุง ุฃุซู†ุงุก ุงู„ุญูŠุถ ู„ุง ุจุฃุณ ุจู‡โ€.โ€ ูˆุฃู…ุง ู‚ูˆู„ู‡ู… ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ูู„ุง ุตุญุฉ ู„ู‡ุŒ ุจู„ ู„ู‡ุง ุฃู† ุชุบุณู„ ุฑุฃุณู‡ุง ูˆุฌุณุฏู‡ุง

Wanita haid yang membilas kepalanya dengan air (keramas) ketika haid hukumnya tidak terlarang. Adapun pendapat mereka yang menyatakan bahwa tidak boleh wanita haid mandi keramas, ini pendapat yang tidak benar. Wanita haid boleh mencuci kepalanya (keramas) dan badannya.

Majmuโ€™ Fatawa wa Rasail Ibnu Utsaimin, jilid 11, Bab: haid

Demikian,

Allahu aโ€™lam.

Comments

Most Watched Heroine

Visitor

10795

Online

Related Post

  • Bacaan Saat iโ€™tidal
  • Hadits Ahmad No. 6326
  • Mengadu Pada Tuhan
  • Mantan Kyai Dan Murtadin Ini Menghina Nabi Muhammad & Islam Di Taksi
  • Keutamaan Shaf Pertama Sholat Subuh